RadarURL

26 Maret 2012

password yang baik

Password alias Kata Sandi merupakan hal yg sangat fatal. Karena password merupakan sederetan karakter rahasia yang  tidak boleh diketahui oleh orang lain. Tetapi walaupun Password merupakan hal yg sangat penting untuk menjaga data pribadi kita, namun tak sedikit orang2 yg memilih password yg mendasar dan mudah ditebak. Sehingga orang2 jahil yg ingin mencuri data2 atau user account kita tidak perlu bersusah payah untuk mendapatkannya.

Dari pengalaman, dulu saya pernah iseng2 (maaf saya tak punya niat jahat, hanya mencoba menebak saja) mencoba login ke akun Facebook seseorang. Karena saya sudah mengenal dekat orang itu, jadi saya mungkin bisa mencoba beberapa kemungkinan yg saya tahu, mungkin bisa menjadi password yg dia pakai. Dan hal pertama yg saya masukan adalah tanggal-bulan-tahun kelahiran dia. Eh… ternyata tanpa basa-basi, saya langsung dibawa masuk ke Home Facebooknya.
Dari cerita diatas sudah terbukti kalo pembuatan password janganlah terlalu mudah ditebak, apalagi berdasarkan tanggal-bulan-tahun kelahiran yg sangat mudah sekali orang lain untuk mengetahuinya.
Apakah anda menggunakan tanggal-bulan-tahun kelahiran untuk password? Saya sarankan segeralah menggantinya, sebelum ada orang jahil yang mengobrak-abrik akun anda.
Nah, untuk mengurangi resiko pencurian data, berikut ini saya beri sedikit tips sederhana untuk memilih password yg lebih aman:
  • Gunakan gabungan Huruf, Angka dan Simbol
    Untuk membuat sebuah password yg aman, anda bisa menggunakan gabungan dari angka, huruf dan simbol dan pastinya harus mudah diingat.
    Misal: XyZ@007
  • Penggunaan Huruf Besar/Kecil
    Penggunaan huruf besar dan huruf kecil juga bisa menentukan tingkat kerumitan dan keamanan sebuah  pasword.
  • Jangan Katakan Bagaimana Memilih Password
    Jangan sekali2 anda menyebutkan clu dari password yg anda gunakan.
    Misal: anda mengatakan kepada orang lain kalau password anda berasal dari nama paggilan waktu kecil atau pengelaman2 pribadi lainnya.
  • Jangan Menggunakan Hal yg Mungkin Orang Lain Tahu
    Dalam membuat password, jangan menggunakan hal yg mungkin orang lain tahu.
    Misal: nama ibu, ayah, pacar, atau mungkin nama perusahaan.
    Contoh lainnya seperti cerita saya diatas yg menggunakan tanggal-bulan-tahun kelahiran. Itu sangat mudah sekali untuk ditebak.
  • Uji Kekuatan Password
    Setelah anda menentukan password yg akan dipilih, untuk mengetahui seberapa rumitkah password yg anda buat? Anda bisa mengujinya di PasswordMeter.Com. Situs web itu akan mengukur seberapa kuat password berdasarkan berapa banyak huruf besar, huruf berturut-turut, angka dll. Atau bisa dicoba tool alternatif di https://id.vpnmentor.com/alat/passwordmeter/
  • Jangan Auto Save Password
    Mungkin anda pernah Login secara manual ke akun2 anda. Terkadang browser memberikan peringatan untuk save password? Sebaiknya itu jangan dilakukan dan banyak situs2 web yg menawarkan menyimpan password sehingga untuk proses Login berikutnya bisa dilakukan secara otomatis (tak perlu memasukan ulang password). Hal ini sangat berbahaya apalagi buat anda yg menggunakan jasa warnet.
  • Ganti Password Secara Berkala
    Mungkin hal ini bisa menjadi alternatif untuk tetap menjaga kerahasiaan password. Anda bisa mengganti password anda secara periodik mungkin dalam waktu 3 bulan sekali.
Mungkin itulah beberapa tips sederhana yg mungkin bisa anda gunakan untuk menciptakan sebuah password yg baik. Namun walaupun password anda sudah benar2 anda anggap super rumit, tapi anda harus tetap hati2 dan teliti karena saat ini sudah banyak berkeliaran software-software pencuri password.
Untuk teman2 yg mengetahui tips lain untuk mengamankan password, silahkan di tambahkan.
Sumber : http://www.atepsaepulloh.com/2011/06/tips-membuat-password-yang-baik

Mengapa harus menggunakan password ?
Password sebenarnya merupakan sistem proteksi yang paling lemah dalam sistem komputer. Maka dari itu memilih password yang kuat merupakan suatu keharusan. Mengapa demikian? Tool password cracking semakin canggih dalam usahanya membongkar password, plus juga komputer yang digunakan dalam password cracking semakin baik performanya. Password yang sebelumnya butuh waktu seminggu untuk di-crack, maka saat ini bisa di-crack hanya dalam beberapa jam saja.
Software untuk meng-crack password biasa menggunakan tiga macam pendekatan yaitu: menebak secara pintar (intelligent guessing), serangan kamus (dictionary attack) dan juga otomatisasi yang berusaha mencoba untuk menggunakan kombinasi karakter. Jika diberi waktu yang cukup, maka metode otomatisasi tersebut bisa meng-crack password apa saja. Tetapi jika password yang digunakan sangat kuat, maka akan membutuhkan waktu yang sangat lama untuk memecahkannya.
Sumber : telkom.net, http://www.untukku.com/artikel-untukku/tips-membuat-password-yang-baik-untukku.html

Tidak ada komentar: