RadarURL

10 Januari 2012

Perbandingan koneksi Dedicated dan Shared Line

Perbedaan utama dedicated dan share sebenarnya bukan pada download speednya.... melainkan pada upload dan SLA (service lavel aggrement).
Kalau pada umumnya koneksi share 1 Mbps hanya memiliki upload 256 kbps (biasanya 1:4) maka dedicated punya upload sama seperti downloadnya yaitu 1 mbps dwl dan 1 mbps up.
Selain itu kalau share koneksi lagi down... maka bulannan tetap bayar apa adanya.... tapi kalau dedicated pasti ada jaminan. Bila tidak tercapai service yang dijanjikan, maka pembayaran dapat dikurangi.
Sumber = http://forum.chip.co.id/internet-provider-indonesia/171485-dedicated-vs-shared-line.html

---------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Analoginya begini.

Ada sebuah pipa ledeng dialokasikan untuk menyalurkan air sebesar 10.240 cc per detik (10 mbps) dan dialokasikan untuk 160 pelanggan. Setiap pelanggan dipasang keran induk dengan kemampuan mengalirkan air sebesar 1.024 cc per detik (1 mbps).
* Jika ke-160 pelanggan tersebut membuka kerannya secara serentak maka masing-masing hanya mendapat 64 cc per detik (64 kbps);
* Jika ada 40 pelanggan yang membuka keran secara serentak maka masing-masing mendapat 256 cc per detik (256 kbps);
* Jika ada 4 pelanggan yang membuka keran secara serentak maka masing-masing mendapat 1.024 cc per detik (1 mbps) karena kemampuan keran pelanggan hanya sebesar itu;
* dan seterusnya.

Jadi kecepatan koneksi yang didapat seorang pelanggan speedy tergantung pada aktifitas pelanggan speedy lainnya. Dengan begitu para pelanggan speedy harus memaklumi kalau pada jam-jam sibuk hanya mendapatkan kecepatan koneksi yang kurang memuaskan.

Dalam layanan dedicated, kecepatan koneksi yang diberikan oleh ISP lebih terjamin yaitu sesuai dengan kontrak. Jika anda membeli kecepatan koneksi tertentu, misalnya 1 mbps, untuk dipakai sendirian maka anda dijamin (secara relatif) mendapatkan kecepatan sebesar itu. Penggunaan secara sendirian disebut CIR (Committed Information Rate) 1:1. Boleh jadi anda membeli kecepatan koneksi 1 mbps tapi dibagi 2 dengan pelanggan yang lainnya (CIR 1:2), itu artinya kecepatan yang dijamin untuk anda adalah 512 kbps tetapi memungkinkan anda mendapat 1.024 kbps (1 mbps) jika kebetulan pelanggan lain tersebut tidak sedang melakukan aktifitas.
Sumber = http://opensource.telkomspeedy.com/forum/viewtopic.php?id=10373
---------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Tidak ada komentar: